Senin, 20 Oktober 2014
Detail  

Beternak Ayam Bangkok Tetap Menguntungkan

Tanggal : 7 Januari 2013 | Terbaca 3199 kali
Cuplik.Com - Indramayu - Ayam Bangkok adalah istilah yang diberikan untuk jenis ayam yang biasa diadu di sebuah arena kecil dengan penonton terbatas. Jenis ayam ini berbeda dengan ayam ras (ayam kampung) atau ayam broiler (ayam petelur/ayam potong)

"Harga anak ayam bangkok yang baru menetas berkisar 10 ribu sampai 50 ribu," papar Sudarya (46), salah satu peternak ayam bangkok yang ada di desa Tugu, Kecamatan Sliyeg.

Kata dia, perbedaan harga anak ayam bangkok tergantung dari seberapa sering induk jantan-nya memenangkan "pertarungan". Peternak ayam ras yang memiliki 8 ayam bangkok siap tanding ini mengaku bahwa semakin sering seekor ayam bangkok memenangkan pertandingan, semakin mahal harga anaknya yang baru menetas.

"Seorang penggemar ayam bangkok asal desa Tugu pernah membeli ayam petarung seharga 7 juta dari Kuningan. Nah, anak ayam hasil perkawinannya dengan ayam bangkok betina biasa akan dihargai orang antara 50 sampai 100 ribu, padahal anak ayam broiler cuma 1000 dan ayam kampung 2000an" pungkas Sudarya.

.(Ginda/gabe)
Share |

Berita Terkait

» Hari Jadi Indramayu Digugat, Bukti Otentik
» Anak Ini Matanya Hilang, Dewan Desak Pemda Untuk Peduli
» Mahasiswa Indramayu Datangi DPRD Tolak UU Pilkada
» Mantapkan Pengabdian, Unidharma Gelar KKN Tematik
Next»


© 2014 cuplik.com, All Rights Reserved.